Apa itu Pivot Table?
Pengertian Pivot Table
Pivot table merupakan fitur excel yang memungkinkan pengguna mengambil informasi secara efisien dari himpunan data dalam jumlah besar. Disamping itu, fitur ini juga sering digunakan untuk mengelompokkan atau meringkas data. Pivot table dapat melakukan kalkulasi berbentuk data, mengubahnya menjadi pivot chart, memindahkan field ke lokasi yang berbeda, dan masih banyak lagi.
Cara Membuat Pivot Table
Ada beberapa langkah yang harus dilalui untuk membuat pivot table di Windows yakni sebagai berikut:
- Pilih sel yang diinginkan untuk membuat pivot table. Pastikan data tersebut tidak memiliki baris atau kolom kosong. Data hanya boleh memiliki baris tunggal.
- Pilih Sisipkan > PivotTable
- Pada menu Pilih Data yang Ingin Anda Analisis, klik Pilih sebuah Table atau Rentang.
- Dalam Tabel/Rentang, verifikasi rentang tersebut.
- Pada pilihan Pilih Tempat yang Anda Inginkan untuk Meletakkan Laporan PivotTable, pilih Lembar Kerja Baru untuk meletakkan PivotTable dalam lembar kerja baru atau Lembar Kerja yang Sudah Ada, lalu pilih lokasi yang diinginkan untuk membuat PivotTable.
- Klik Ok.
Membuat Pivot Table Secara Manual
Untuk membuat pivot table secara manual dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
- Klik sel pada data atau rentang tabel.
- Masuk ke Sisipkan > PivotTable. Jika menggunakan excel untuk Mac 2011 dan versi sebelumnya, tombol PivotTable berada di tab Data dalam grup Analisis.
- Excel akan menampilkan dialog Buat PivotTable dengan rentang atau nama tabel yang dipilih.
- Di bagian Pilih tempat Anda ingin meletakkan laporan PivotTable, pilih Lembar KerjaBaru, atau Lembar Kerja yang Sudah Ada. Untuk lembar kerja yang sudah ada, pilih sel yang diinginkan untuk meletakkan PivotTable.
- Klik Ok.
- Selanjutnya, excel akan membuat pivot table kosong, dan menampilkan daftar bidang pivot table.
Menggunakan Pemotong untuk Mem-filter Data
Dalam pivot table, tersedia fitur pemotong yang dapat digunakan untuk mem-filter tabel. Selain itu, pemotong menunjukkan status filter yang memudahkan pengguna memahami data yang ditampilkan. Pengguna dapat menggunakan pemotong untuk mem-filter data dalam tabel atau PivotTable dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya:
- Klik dimana saja dalam tabel atau PivotTable.
- Pada tab Beranda, masukkan ke Sisipkan > Pemotong.
- Dalam kotak dialog Sisipkan Pemotong, centang kotak untuk bidang yang ingin ditampilkan, lalu pilih Ok.
- Pemotong akan dibuat untuk setiap bidang yang dipilih. Dengan mengklik salah satu tombol pemotong, maka akan secara otomatis menerapkan filter tersebut ke tabel yang ditautkan atau pivot table.
- Pengguna dapat menyesuaikan preferansi pemotong di tab Pemotong (dalam versi excel yang lebih baru), atau tab Desain (excel 2016 dan versi yang lebih lama).
- Jika ingin menyambungkan pemotong ke lebih dari satu pivot table, masuk ke Pemotong > Koneksi Laporan > periksa pivot table untuk disertakan, lalu pilih Ok.
Fitur pemotong pada pivot table biasanya menampilkan komponen sebagai berikut:
- Header pemotong menunjukkan kategori item di pemotong.
- Tombol filter yang tidak dipilih menunjukkan bahwa item tidak disertakan dalam filter.
- Tombol filter yang dipilih menunjukkan bahwa item disertakan dalam filter.
- Tombol hapus filter menghapus filter dengan memilih semua item di pemotong.
- Bilah gulir memungkinkan pengguliran ketika terdapat banyak item yang terlihat di pemotong.
- Memindahkan batas dan mengubah ukuran kontrol untuk mengubah ukuran dan lokasi pemotong.
Komentar
Posting Komentar